Beranda Sastra Budaya Abad Visual di Borobudur Cartoonists Forum 2

Abad Visual di Borobudur Cartoonists Forum 2

181
0

MAGELANG, (Obyektif.com) – Ajang pertemuan tahunan komunitas kartunis se-Indonesia  kembali digelar di Borobudur. Pergelaran ajang interaksi kreatifvitas “Borobudur Cartoonists Forum 2” kali ini mengusung tema Abad visual, akan diselenggarakan pada 22-23 September 2018 di Bumayasasta Boutique Art Gallery, Borobudur.

Menurut Lukas Luwarso, ketua panitia BCF2, tema Abad Visual merujuk pada paradigma cara manusia berkomunikasi dan berbagi informasi melalui media. Media, secara historis, bisa dipilah dalam medium: lisan (oral), tulisan, audio dan visual.

Menurutnya, sebagai satu rangkaian proses sejarah komunikasi, era oral tercermin dalam mantra dan kisah-kisah mitis,  era tulisan terlihat dalam kisah-kisah yang tertuang dalam naskah-naskah papirus, kitab suci, hingga industri penerbitan buku.
Saat ini, era mutakhir, medium visual merupakan era optimalisasi teknologi elektronik dan penyiaran yang termanifestasi dalam siaran TV, komputer, tablet, dan internet.

“Dengan teknologi terbaru itu, tradisi komunikasi dan informasi menjadi lebih optimal: oral, tulisan, dan gambar menjadi satu kesatuan: visual. Dan itu hanya dimungkinkan dengan adanya teknologi komunikasi konvergensi ini,” tambahnya.

Acara yang akan dimulai pada Sabtu, 22 September 2018 akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dengan menorehkan coretan gambar. Lima kartunis akan membuat sketsa karikatural Gubernur Ganjar ketika menyampaikan pidato.

Usai memberikan sambutan Gubernur akan membuka Pameran Kartun Internasional. BCF2 International Cartoon Exhibiton,  akan menampilkan sekurangnya 150 kartun terpilih hasil karya 90 kartunis dari 23 Negara di dunia  dari Algeria, Rusia, hingga Uzbekistan.

Acara berlanjut dengan Seminar bertema  Kartun dan Strategi Kebudayaan dengan Keynote speaker: Erros Djarot dan penanggap perupa Heri Dono. Selain seminar digelar juga diskusi Kartun dan Industri Animasi,” dengan pembicara Agung Wijanarko (Amikom) dan Susilo Dwi Murtanto (Funny Motion).
Pada hari Minggu, 23 September 2018, diselenggarakan Lokakarya dan Workshop dengan berbagai topik: Seni Animasi Kartun (Sri Mulyono); Kartun sebagai Pameran Seni Rupa (Kuss Indarto); Kartun dan Industri Penerbitan (Mice); Pilpres, Kartun, dan Budaya Humor (Prie GS).

Acara berlanjut dengan Lomba Kartun on the spot, terbuka bagi semua peserta. Lomba diadakan di tempat wisata Rumah Kamera (Camera House), Borobudur dengan Tema: Pilpres, Borobudur, Menuju Indonesia Makmur. Tiga karya terbaik akan mendapatkan penghargaan dari panitia.
Rangkaian acara BCF2 akan ditutup dengan Penyerahan penghargaan untuk tiga kartun terbaik Lomba Kartun on the spot dan Tiga Kartun Terpilih dalam BCF2 International Cartoon Exhibiton. (Darminto M Sudarmo)

Gambar ilustrasi sejenis poster acara BCF2. (DMS/Obyektif.com).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here