Beranda Traveling Bedah Menoreh Kulonprogo Menuju Purworejo

Bedah Menoreh Kulonprogo Menuju Purworejo

507
0

KULONPROGO, (Obyektif.com) – Guna menunjang kelancaran jalur pariwisata dan perekonomian antara Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Purworejo, Bupati Kulonprogo, Dr. Hasto Wardoyo, meresmikan pelaksanaan pembangunannya dengan ditandai pengoperasian backhoe di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, belum lama ini.

Pembangunan dimaksud, menurut Hasto sebagai langkah untuk mempermudah komunikasi kedua daerah yang berlainan Kabupaten. Untuk itu pihaknya berinisiatif melakukan pelebaran jalan yang sudah ada, yang akan memperlancar arus wisata di kedua daerah. Upaya ini merupakan rencana kesinambungan “Bedah Menoreh” dalam mempersiapkan jalur bandara di Kulonprogo ke arah Borobudur yang juga melewati sebagian wilayah Purworejo.

Selain itu, konektivitas untuk Purworejo sangatlah penting. Mengingat lokasi wisata di sana sudah cukup terkenal terkait penemuan arca mas zaman Hindu seberat 1,2 kg beberapa tahun silam. Maksud dan tujuan melaksanakan pembangunan jalan tembus juga memperlancar arus wisata di seputaran Goa Seplawan di Purworejo yang berdekatan dengan Goa Kiskendo, Gunung Gajah, Kalibiru dan Waduk Sermo yang juga tak kalah ramai setiap minggunya dikunjungi warga dari luar kota.

Sementara itu, Kadinas DPU-KP Kulonproho mengatakan, guna melakukan pembangunan jalan tembus tersebut menelan anggaran Rp.930 jutaan dari APBD 2017. Sedang pembebasan tanah milik warga 9 bidang seluas 2.607 meter persegi, telah dibayarkan sebesar Rp. 456.660.000. per tanggal 31 Agustus lalu. Hadir dalam peresmian tersebut Asisten Pemerintah Sekda Kabupaten Purworejo Drs. Murwanto mewakili Bupati Purworejo, Agus Bastian yang sedang melakukan kunjungan kerja di Jakarta.

Menurut Murwanto, dengan dilebarkannya jalan yang menghubungkan Purworejo dan Kulonprogo, akan memberikan nilai tambah bagi kedua Kabupaten. Baik yang menyangkut kelancaran arus lalu lintas ke Yogyakarta lebih dekat, jalur wisata juga terlewati. Selain itu, yang lebih penting lagi jalur perekonomian kedua daerah akan lebih lancar, keakraban antar-warga terjalin. Sebab lokasi pembangunan juga dekat dengan wilayah pertanian, perkebunan serta daerah wisata alam, ucapnya mengakhiri wawancara (Bambang Yosodipuro)

Foto: Bupati Kulonprogo Dr Hasto Wardoyo memeriksa denah lokasi. (Foto: Bambang Yosodipuro).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here