Beranda Bisnis Online Cara Mencari Uang di Online

Cara Mencari Uang di Online

69
0
BERBAGI

Suatu hari saya ketemu Mas Khoerul Umam dan Pak Yulisa Ramadan, dua orang sahabat dari Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, yang memang menggeluti bisnis online, mengatakan, saat ini mencari uang lewat online cukup potensial. Kenapa? Karena dunia internet  sudah berkembang demikian pesat. Yang semula hanya untuk kontak-kontakan saja, sebagai alat komunikasi, sekarang sudah merambah ke berbagai bidang, teknologi, intelejen, dan lain-lain, dan bahkan juga bisnis.

Banyak buku referensi bisnis online yang sudah ditulis, misalnya yang terkenal “Google Preneur”, “Google Adsense”, “Mendapatkan 1000 Dollar dari Internet”, “1001 Cara Meraup Uang dari Online”, dan lain-lain. Tinggal kita mau pilih yang mana yang bisa untuk panduan, karena hampir setiap saat terbit metode yang baru. Disamping itu, juga bisa mendapatkan refrensi dari blog-blog yang bertebaran di dunia maya, yang mengkhususkan diri, mengajari bisnis online.

Berikut ini beberapa cara mencari uang lewat online. Dengan demikian bagi Anda yang suka ngenet, jadi tidak sia-sia. Paling tidak bisa untuk subsidi beli laptop, atau tablet. Ada banyak cara bisnis di dunia maya. Namun di sini yang disajikan sangat terbatas, hanya terdiri dari beberapa bisnis online, yang paling sering digunakan.

  1. Bisnis MLM:

Bagi mereka yang suka bisnis multi level marketing (MLM), dunia online adalah gudangnya. Dari yang menjual barang-barang kebutuhan pokok, usaha distro, kopi vitalitas, sampai ke minuman dan makanan kesehatan, di sini ada semua. MLM yang usahanya berbasis dalam negeri, maupun luar negeri, semua digelar. Seperti misalnya “Joss Kopi”, lalu Vemma, dan bahkan obat kuat pasutri pun ada. Tinggal Anda mendaftar di online, beberapa menit, sudah selesai. Pemasarannya pun lewat online, jadi tidak banyak memakan tenaga, seperti kalau menjalankan MLM secara tradisional.

  1. Properti:

Jika Anda suka bergerak di bidang properti yaitu menjual tanah dan bangunan, lewat dunia maya sangat efektif, bisa menjangkau publik yang luas. Bisa dilengkapi dengan gambar atau foto tanah yang mau dijual. Atau foto rumah yang mau ditawarkan. Tinggal Anda membuat blog atau website khusus properti. Jual beli, sewa, kontrak, bisa dimasukkan di sini, termasuk para pengembangnya. Bisa komunikasi aktif, antara konsumen dan penjualnya.

  1. PPC (Pay per Klik) & Adsense

Ada lagi PPC dan Adsense merupakan cara mencari duit online paling mudah, karena cara konversi sangat mudah yaitu hanya klik saja anda sudah dapat duit. Kunci sukses agar konversi klik Adsense di website atau blog Anda jadi banyak, adalah harus pandai manarik perhatian pengunjung untuk melihat iklan PPC atau Adsense Anda.  Asalkan bisa menarik perhatian pengunjung, pastilah banyak yang melirik iklan Anda, dan dapat dipastikan konversi klik (CTR) iklan, akan bertambah banyak. Beberapa cara untuk bisa menarik perhatian pengunjung, antara lain penempatan iklan yang efektif, pemilihan warna iklan yang bagus, serta pemilihan ukuran format iklan yang sesuai.

  1. PPM (Pay per Impression)

Sistem ini, sedikit berbeda dengan PPC dan Adsense. Program PPM, akan membayar Blogger atau pemilik Website,  untuk setiap 1.000 kali klik iklan yang tampil. Program PPM sangat cocok bagi blog atau website yang punya banyak penggemar. Bukan saja traffik yang datang dan pergi tanpa kembali, tetapi juga karena traffik penggemar setia, yang bisa datang setiap saat. Karena satu alasan utama para advertiser memasang iklan adalah alasan branding produk. Tentunya agar produknya terkenal dan melekat di benak calon konsumen, yaitu pengunjung blog atau website Anda. Beberapa website yang menawarkan program PPM, di antaranya: Tribal Fusion,Burst Media, Casale Media, Value Click Media dan lain-lain. Bentuk iklannya yang biasa digunakan adalah Pop-under,  yaitu bisnis online yang cocok bagi pegawai

  1. Bisnis Affiliate

Bisnis affiliasi (affiliate) berarti memasarkan produk orang lain dengan komisi sekian persen dari penjualan. Tingkat konversi bisnis affiliasi, lebih sulit karena seorang konsumen cenderung antipati terhadap penawaran produk baru. Seringkali mereka butuh sebuah alasan kuat kenapa harus membeli lewat link affiliasi yang anda tawarkan, jika tidak ada untungnya bagi anda. Kunci sukses bisnis affiliasi adalah kepercayaan, ketergantungan, loyalitas dan saling menguntungkan. Untuk bisa mendapatkan kepercayaan pengunjung, berarti anda harus sering berinteraksi dengan konsumen anda dengan bentuk artikel yang bermanfaat bagi pengunjung. Sangat kecil kemungkinan seseorang langsung membeli produk yang anda tawarkan, misalnya dia baru satu kali membaca blog atau website Anda. Salah satu kunci mendapat kepercayaan pengunjung, adalah dengan selalu memberikan nilai lebih pada konten yang anda tulis. Bila kepercayaan pengunjung sudah didapat, maka bila anda merekomendasikan sebuah produk, tentu mereka tertarik dengan yang Anda tawarkan.

  1. Advertising

Advertising berarti memasang promosi iklan dari perusahaan, website, produk lain. Komisi pengiklanan ditentukan oleh ukuran dan posisi penempatan iklan. Bentuk advertising biasanya berupa banner gambar. Banner yang paling populer digunakan adalah ukuran 125 X 125. Untuk mencari advertiser, Anda bisa memasang halaman khusus, dan mengumumkan advertising di blog atau website Anda. Bisa juga dengan ikutan jadi publisher di broker advertising. Broker yang paling populer salah satunya, BuySellAds.com. Anda bisa belajar dari para publisher yang ada di BuySellAds.com tentang posisi iklan yang bagus. Salah satu cara menggait advertiser agar mau mempromosikan iklannya adalah dengan memberikan statistik traffik blog anda secara lengkap dan jelas.Pemberian bonus, atau trial juga disukai advertiser.

  1. Jual produk sendiri

Menjual produk sendiri juga cara yang efektif cari uang di online. Produk yang anda tawarkan bisa berupa produk maya seperti software, ebook, video tutorial, maupun produk nyata. Menjual produk via online, seperti misalnya membuat toko online, bisa menjual apapun. Tentunya review, fitur dan artikel yang anda tulis di blog atau website Anda harus bisa meyakinkan pengunjung untuk membeli produk anda. Asalkan Anda menuliskan artikel yang bermanfaat, dan menuliskan review secara persuasif dan halus, tentu akan lebih membujuk pengunjung untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

8.Jasa tutorial private tuto dan konsultasi online

Punya blog atau website, bisa memanfaatkannya sebagai tempat memberikan layanan coaching  atau pelatihan privat kepada yang berminat belajar kepada Anda.Tentunya coaching berbeda dengan yang namanya belajar via ebook atau video, karena bisa saling diskusi dan komunikasi dua arah. Untuk itu anda harus punya kurikulum yang jelas, jadwal kelas, dan bahan materi. Karena banyaknya bahan yang harus dibutuhkan untuk melakukan sebuah pelatihan, tentunya biaya pendidikannya lebih mahal dibanding belajar via tutorial online semisal ebook. Rata-rata biaya pelatihan tentang bisnis online mencapai jutaan rupiah.

  1. Menjual konten dengan blog membership

Khusus bagi yang punya blog, bisa menerapkan blog membership, yaitu  blog yang memiliki distribusi artikel dalam dua jenis. Artikel free member dan artikel khusus member yang berbayar. Biaya bulanan blog Anda bisa diakses oleh para member yang membayar via feed, newsletter, maupun login ke member area blog Anda. Untuk pengaturan posting , Anda bisa bisa menggunakan plugin membership, seperti e-member. Bila Anda sudah menjadi anggota cafebisnis , bisa pula memanfaatkan plugin WP Affiliasi dari cafebisnis untuk membuat blog membership. Plugin WP Affiliasi cafebisnis bisa menjadikan sebuah posting menjadi 3 jenis free artikel, artikel khusus free member dan artikel premium.

Untuk membuat blog membership tidak mudah, bukan saja masalah pembuatan artikel posting tetapi juga masalah bagaimana cara meyakinkan pengunjung bahwa dengan membayar iuran, mereka akan memperoleh artikel yang lebih bermutu dan bermanfaat dibanding artikel gratisan. Untuk belajar blog membership silahkan download ebook tutorial blog membership dari Yaro.

  1. Menjual blog atau website

Menjual blog atau website adalah alternatif terakhir yang bisa anda lakukan untuk mendapat duit di online. Misalkan setelah blog atau website yang Anda kelola dan kembangkan selama setahun, tetap saja tidak menghasilkan seperti yang Anda harapkan, sehingga tidak sesuai dengan biaya dan usaha yang anda lakukan, silahkan anda bisa menjualnya. Kenapa ada orang  yang mau membeli, padahal tidak menghasilkan bagi anda? Mungkin saja menurut pembeli dia merasa bisa mengembangkan lebih baik dari pada anda. Begitu juga anda bisa pula membeli blog atau website yang sudah jadi, untuk Anda kembangkan sendiri. Beberapa pertimbangan pembeli memilih blog atau website Anda antara lain, nama domain, penghasilan per bulan yang bisa diperoleh, traffik , rangking di Google untuk kata kunci tertentu, pagerank, alexa ranking, dan lain-lain. Semakin banyak dan bagus statistik kunjungan blog atau website Anda akan semakin mahal harga jualnya. Lembaga penaksir harga blog atau website juga sudah ada.

  1. Menjual foto atau gambar

Di dunia online, kita juga bisa menjual kreativitas hasil karya kita, misalnya foto-foto yang bagus dan gambar-gambar karya kita. Ada teman yang menjual foto hasil bidikan kameranya, tentang apa saja, dan hasilnya lumayan juga. Kebanyakan pembelinya adalah buyer luar negeri. Ada lagi yang menawarkan gambar-gambar kartun lukisannya, untuk keperluan pernikahan seseorang. Jadi yang dipajang di surat undangan bukan foto diri, seperti biasanya, namun gambar-gambar kartun dirinya. Jadinya memang nyeni dan eksklusif.

Nah, itulah cara-cara mendapatkan uang dari online. Tentu saja Anda bisa mengembangkan sendiri kreativitas Anda, untuk mengeruk uang dari dunia maya. Yang penting jangan menipu, tetapi jujur dan halal. Demikian juga sebaliknya, bagi para konsumen di dunia maya juga jangan mudah terjebak dengan kata-kata indah dan wajah cantik atau ganteng yang menawarkan sesuatu, karena sekali lagi dunia maya bukan dunia nyata. Mudah sekali dimanipulasi. Jadi waspadalah. (Daniswari Anggadewi).

———————————-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here