Beranda Hot News Demplot Padi, Kodim Siapkan Lahan Satu Hektar

Demplot Padi, Kodim Siapkan Lahan Satu Hektar

42
0
BERBAGI

PURWOREJO, (Obyektif.com) – Kodim 0708 Purworejo melakukan demontration plot (Demplot) padi untuk mendukung swasembada pangan. Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jateng.

Saat ini, lahan Demplot yang sudah ditanami padi itu baru tahap penyemprotan. Perawatannya dilakukan Anggota Koramil 15/Ngombol, belum lama ini (1/6). Dalam kesempatan tersebut, Anggota Koramil Ngombol tampak bersama penyuluh pertanian lapangan (PPL), bahu membahu.

Danramil Ngombol, Kapten Infanteri Bambang Wahyudi, kepada Obyektif.com menjelaskan, penyemprotan Demplot dilaksanakan untuk mengendalikan hama dan penyakit padi. “Diharapkan hasil Demplot kodim maksimal dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat yang bertani di wilayah Purworejo,” katanya.

Secara terpisah, Dandim 0708 Purwoorejo, Letkol Infanteri Muchlis Gasim, menjelaskan, Demplot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap obyek yang didemontrasikan.

“Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru (VUB), pemupukan dan lain-lain. “Penanganannya disesuaikan dengan demografi wilayah,” imbuh Dandim Gasim.

Kodim pun mendapatkan dana modal dari pemerintah pusat yang digunakan untuk menyewa sawah seluas satu hektar, pada satu musim tanam.
Dana tersebut digunakan antara lain untuk tanam padi, membeli bibit padi dan juga digunakan untuk pembiayaan pengerjaan perawatan sampai panen. “Hasil panen akan disimpan sebagai cadangan bulog untuk menghadapi bencana,” tuturnya. (M. Fauzi)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here