DKJT Gelar Konser Tari Marwah Lampah

DKJT Gelar Konser Tari Marwah Lampah

BERBAGI

Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kota Tegal (DKT) menyelenggarakan Konser “Tari Marwah Lampah” yang pembukaannya dilaksanakan di Wisma Perdamaian Semarangi, belum lama ini. Ketua panitia penyelenggara Gunoto Saparie mengatakan, perkembangan aktivitas dan kreativitas tari di Jawa Tengah cukup menggembirakan. Baik tari tradisional maupun modern. Di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah muncul keinginan agar tari mampu dipentaskan secara utuh dan mandiri, bukan hanya sekadar selingan atau pengisi acara utama semata.

“Karena itu, DKJT menyambut upaya DKT yang merasa terpanggil untuk mementaskan tari secara mandiri dalam bentuk konser,” ujarnya. Menurut Gunoto, konser tari ini bertujuan guna meningkatkan aktivitas dan kreativitas para penari dan koreografer di Jawa Tengah. Diharapkan pula kegiatan ini bisa menjadi wadah silaturahmi dan tukar informasi berbagai komunitas tari dan koreografer di Jawa Tengah

“Selain itu juga untuk memperkenalkan karya seni tari kreativitas baru yang merupakan revitalisasi seni tradisional Jawa,” ujar penyair ini. Konser ini, lanjut dia, menampilkan 9 (sembilan) karya tari dengan koreografer Tien Kusumawati. Penari terdiri 13 orang dari Sanggar Tari Kusuma Budaya dan berdurasi selama tiga jam.

Kerja sama DKJT dengan DKT kali ini tentu saja bukan karena hubungan hirarkis, namun berdasarkan kemitraan dan koordinasi program. Kusumawati sebelumnya mengatakan, ada kegelisahan dari para penari ketika seni tari selama ini ditampilkan hanya sebagai selingan dari sajian utama. Karena itu dalam Konser Tari Marwah Lampah kali ini seni tari ditampilkan sebagai sajian utuh dan mandiri.

Sedangkan Ketua DKT Michael Gunadi menambahkan, DKT sangat berkepentiingan untuk menampilkan Konser Tari Marwah Lampah dari Sanggar Kusuma Budaya Tegal di Wisma Perdamaian. Apalagi ada tantangan darii Gubernur Ganjar Pranowo agar Wisma Perdamaian dimanfaatkan oleh para seniman untuk beraktivitas dan berkreatiivitas. Pada kesempatan itu Gunoto memberikan cendera mata berupa buku-buku kesenian kepada Michael Gunadi dan Tien Kusumawati. Gunoto juga sempat memberikan piagam penghargaan kepada 9 penari yang tampil dalam konser tari tersebut. (Aries Kunarto MK)

—————————–

 

izzaweb
BERBAGI