DKJT Masih Terus Menunggu Pergub Jateng

DKJT Masih Terus Menunggu Pergub Jateng

BERBAGI

SEMARANG, (Obyektif.com) – Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) masih terus menunggu Peraturan Gubernur tentang DKJT sebagai Lembaga Nonstruktural (LNS). LNS adalah lembaga yang dibentuk melalui peraturan perundang-undangan tertentu guna menunjang pelaksanaan fungsi negara dan pemerintah, yang dapat melibatkan unsur-unsur pemerintah, swasta dan masyarakat sipil, serta dibiayai oleh anggaran negara.

Ketua Umum DKJT Gunoto Saparie mengatakan hal itu sehubungan berbagai pertanyaan mengenai perkembangan dan kegiatan lembaga ini yang dinilai vakum setelah pemilihan ketua umum di Museum Ranggawarsita beberapa waktu lalu.

Menurut Gunoto, informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng melalui Kabid Kebudayaan Mulyono, Rancangan Pergub tentang DKJT sudah dibahas oleh tim yang dipimpin Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Setda Jateng dan tinggal proses pematangan. Namun, karena ada penyusunan Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang membuat sejumlah anggota tim mutasi ke jabatan atau instansi lain, proses penyusunan Rapergub itu terpaksa tertunda namun bukan berarti berhenti.

“Apa boleh buat kalau DKJT harus bersabar menunggu proses itu. DKJT sebagai LNS memang sangat dibutuhkan, karena tugas dan fungsi pemerintah daerah di bidang kesenian dan kebudayaan harus dibantu suatu lembaga independen. LNS ada yang dibentuk melalui undang-undang, peraturan pemerintah, dan peraturan presiden. Di tingkat provinsi bisa melalui Pergub,” ujarnya.

Memang, lanjut penyair ini, di samping lembaga yang secara struktural sebagai perangkat daerah, yang pembentukannya diatur dengan perda, terdapat juga LNS. LNS dibentuk untuk melaksanakan tugas tertentu (spesifik) yang tidak dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan tetapi terkait dengan tugas fungsi SKPD. Ia merupakan bukan perangkat daerah, namun fasilitasi LNS dilakukan oleh perangkat daerah dan pembiayaannya dari APBD atau sumber lain yang sah.

Gunoto menambahkan, DKJT yang merupakan LNS nantinya akan berkedudukan
di lingkungan Dinas P dan K Jateng. Untuk mendukung pelaksanaan tugas DKJT, Dinas P dan K Jateng menyediakan tempat operasional DKJT beserta sarana dan prasarana kesekretariatan.

“Pembina DKJT nantinya Gubernur Jateng. Pembina mempunyai tugas menjaga
konsistensi keberadaan DKJT. Sekda Jateng bertugas sebagai pengarah yang mempunyai tanggung jawab atas keberlangsungan DKJT. Sedangkan penanggung jawab adalah Kepala Dinas P dan K Jateng yang bertanggung jawab secara keseluruhan atas pelaksanaan kegiatan DKJT,” tandasnya. (Aries Kunarto MK)


 

izzaweb
BERBAGI