Beranda Hot News DPD Papdesi Tandatangani MOU dengan LKI

DPD Papdesi Tandatangani MOU dengan LKI

156
0

SEMARANG, (Obyektif.com) – DPD Papdesi (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Wilayah Jawa Tengah, belum lama ini, menandatangani MOU dengan LKI (Lembaga Kajian Indonesia) Wilayah Jawa Tengah, di Hotel Aston, Semarang.

Penandatanganan berkaitan tentang¬† Bimbingan Teknis (Bintek) Pengadaan Barang dan Jasa untuk Desa. Menurut Ketua DPD Papdesi Jawa Tengah, Sumariyadi ST,¬† dengan adanya UU no.6/2014 tentang Desa, maka desa bisa menerima dana desa secara blockgrand. “Jadi desa benar-benar dipercaya dan bisa merencanakan sendiri apa kebutuhannya dan yang jelas pasti tepat sasaran,” katanya.

Menurutnya, untuk melaksanakan progam desa tersebut, sudah diamanatkan oleh Undang-undang. Disebutkan, pihak desa bisa menganggarkan atau menyisihkan anggaran, guna peningkatan SDM aparat desa yang terlibat dalam pelaksanaan proyek dana desa. Dengan demikian dalam pelaksanaan, mulai dari perencanaan sampai pembuatan laporan keuangan dapat diminimalisir kesalahan-kesalahan yang bersifat administratif dan sesuai dengan regulasi yang ada.

Oleh karenanya DPD Papdesi Jawa Tengah merasa perlu bekerjasama dengan LKI Jawa Tengah yang sudah mendapat izin dari LKPP untuk menyelenggarakan bimbingan tehnis pengadaan barang dan jasa untuk aparatur desa. Sekjen DPD Papdesi Jawa Tengah, Kiswanto yang juga menjabat Kades Guyangan Loano Purworejo menuturkan, kegiatan bintek PBJ untuk desa ini dianggarkan dalam APBDes Perubahan yang pelaksanaannya dimulai sekitar pertengahan bulan Agustus 2018 ini.

Sedangkan peserta akan diawali dari beberpa desa di Kabupaten Purworejo dan kabupaten lain se ex-Karesidenan Kedu sebagai tahap awal kegiatan tersebut. Sementara itu menurut Ady Hartono SH, sebagai koordinator LKI Jawa Tengah, bimbingan tehnis PBJ untuk aparatur desa ini tidak putus hanya sampai Bintek saja, namun LKI akan memberikan¬† pendampingan bagi desa khusus bidang pengadaan barang dan jasa bagi desa, pasca pelaksanaan bintek sampai dengan Tahun Anggaran berkahir. “Di samping itu, kami dari LKI juga mendorong pihak desa untuk selalu berkoordinasi dengan tim TP4D dalam pelaksanaan kegiatan dana desa ini,” tuturnya mengakhiri pembicaraan. (Totok Magdiana).

(Foto: Ajisoko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here