Beranda Hot News Dua Sastrawan Pemakalah Seminar Tradisi Lisan

Dua Sastrawan Pemakalah Seminar Tradisi Lisan

44
0
BERBAGI

SEMARANG, (Obyektif.com) – Dua sastrawan Semarang, Gunoto Saparie dan S Prasetyo Utomo, mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan makalahnya dalam Seminar Nasional Tradisi Lisan di Balai Bahasa Yogyakarta, Selasa, belum lama ini.

Seminar bertema “Tradisi Lisan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan” itu diselenggarakan Balai Bahasa Yogyakarta, bekerja sama dengan Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Cabang Yogyakarta.

Gunoto mengatakan, dalam seminar yang bertujuan guna mencari upaya-upaya pelestarian dan pengembangan tradisi lisan itu ia akan berbicara tentang nadhom (puisi berbahasa Arab) sebagai sarana pengembangan ilmu agama di pesantren. Sedangkan Prasetyo membahas soal defamiliarisasi hegemoni kekuasaan tokoh novel Kita Omong Kosong dengan hipogram Ramayana.

“Seminar juga menghadirkan pembicara kunci Prof Dr Heddy Shri Ahimsa Putra dan Dr Pudentia MPSS. Heddy akan berbicara tentang tradisi lisan dalam pengembangan ilmu kesehatan dan arsitektur, sedangkan Pudentia mengenai perkembangan ATL di Indonesia,” tambah Gunoto yang juga Ketua Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) ini.

Selain mereka, lanjut Gunoto, ada sejumlah filolog dan budayawan yang berpartisipasi sebagai pembicara dalam seminar tersebut. Mereka antara lain Prof Dr Ida Rochani Adi, Prof Dr Novi Anoegrajeksi, dan Sugihastuti. Termasuk juga Dr Muhammad Ilham, Dr Prasetya Adi Wisma Wibawa, Dra Dad Murniah MHum, dan Dr Ratun Untoro. (Aries Kunarto).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here