Beranda Hot News Embung Kosong Bawah Tanah, Efektif Tanggulangi Banjir

Embung Kosong Bawah Tanah, Efektif Tanggulangi Banjir

113
0
BERBAGI
Ketua KPLHI, Hardono, ketika memberikan penjelasan di depan Ketua DPRD Jateng, Drs Rukma Setyabudi MM. (Foto: Obyektif.com)

SEMARANG, (Obyektif.com) – Embung kosong bawah tanah, yaitu gerongga kosong di bawah tanah, sangat efektif untuk mengatasi banjir, khususnya di Kota Semarang dan sekitarnya. Air hujan yang tinggi, airnya bisa dialirkan di embung bawah tanah ini dengan teknologi tepat guna. “Berapa besar pun air hujan, akan tertampung di gerongga besar yang ada di perut bumi ini, yang embung kosongnya sangat luas, dan biasanya berada di daerah ketinggian,” tutur Ketua Komunitas Pecinta Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI), Hardono, ketika diwawancara Obyektif.com, belum lama ini.

Untuk kota Semarang, menurut dia, embung kosong bawah tanah berada di Semarang daerah atas, seperti daerah Tambak Haji, Ngaliyan, Mijen, Manyaran, Bongsari, Gunungpati, Sekaran, Candi, Tembalang, dan lain-lain. Bila diperluas, bisa meliputi daerah Ungaran ke selatan dan seterusnya. Untuk itulah pihaknya siap bekerjasama dengan Walikota dan para Bupati di Jateng. “Sebagai Komunitas Nirlaba, kami siap membantu pemerintah dan masyarakat. Kami punya data, alat pendeteksi, dan pengalaman yang memadai di bidang ini,” tambahnya.

Air hujan yang sudah dimasukkan ke embung kosong ini, bisa untuk menanggulangi banjir di musim penghujan dan kekeringan di musim kemarau. Sebab embung kosong dapat menyimpan air hujan, menjadi berguna untuk mengatasi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang kesulitan air di musim kemarau. Sebelumnya, Hardono dan komunitasnya diundang di Forum Group Discussion (FGD) di ruang kerja Ketua DPRD Jateng, Drs Rukma Setyabudi MM, dihadiri para kepala dinas terkait. Dilanjutkan dengan acara Wedangan di TVRI Jateng, bersama Host Prie GS, dengan topik yang sama.

Bagi siapa pun yang ingin berkonsultasi masalah embung kosong bawah tanah ini, dan cara memanfaatkannya, bisa menghubungi Kantor Sekretariat KPLHI di Perum Perdana Merdeka, Blok. I, Nomer 6, Ngaliyan, Semarang. Telepon (024) 7628711, Hp.0821.8258.3349. Email: KPLHIindonesia46@gmail.com. (Yohanes  Agung).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here