Beranda Regional ICMI Netral dalam Pilpres 2019

ICMI Netral dalam Pilpres 2019

99
0

SEMARANG, (Obyektif.com) – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menegaskan bahwa secara organisatoris akan bersifat netral pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Artinya, lembaga ini tidak memihak ke mana pun, baik kepada Joko Widodo-Amin Ma’ruf atau Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tetapi secara pribadi anggota ICMI diberi kebebasan untuk memilih.

Fungsionaris ICMI Jawa Tengah, Gunoto Saparie kepada Obyektif.com belum lama ini mengatakan, agar para capres-cawapres tetap menjaga dan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Para pendukung masing-masing calon presiden-wakil presiden harus pula membudayakan sikap santun dan saling menghormati.

Menurut Gunoto, masyarakat diharapkan waspada dan tidak larut dalam emosi yang akhirnya justru memecah belah. Jangan sampai pilihan politik yang berbeda mengakibatkan polarisasi yang tajam dan permusuhan. Kecenderungan penggunaan isu SARA harus bisa dikontrol dan dikendalikan. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia pun harus tetap terjaga.

Meskipun demikian, Gunoto menyayangkan karena tidak muncul poros baru atau poros ketiga di luar kubu calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Publik tidak diberikan alternatif pilihan yang lebih banyak karena hanya disodori dua kandidat.

Menyinggung munculnya Amin Ma’ruf sebagai calon wakil presiden, Gunoto menilai Joko Widodo agaknya ingin agar pasangan cawapresnya mampu menambal kekurangannya yang terkuak dalam berbagai survei elektabilitas kandidat Pilpres 2019. Joko Widodo memiliki kelemahan dari sisi pemilih umat Islam, sehingga ia memilih cawapres yang memiliki citra mampu menambah elektabilitas dari umat Islam, katanya. (Aries Kunarto, MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here