Jaga Pikiran Agar Tidak Sakit

Jaga Pikiran Agar Tidak Sakit

BERBAGI

Jagalah pikiranmu, agar berpikir yang positif dan baik-baik saja. Ada apa dengan pikiran? Hampir semua penyakit yang menimpa tubuh, ternyata 90 persen datang dari pikiran. Wah. Hanya 10 persennya saja yang dari pola makan. Kalau Anda tidak percaya, lihatlah orang gila, makan apapun yang ditemuinya, yang kadang kotor dan basi, tapi selalu sehat, karena dalam pikirannya tenang dan hepi. Tidak berpikir macam-macam, karena memang sedang gila, hahaha…..

Maka ketika pikiran seseorang selalu negatif, sesungguhnya akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Inilah daftar penyakit yang berkenaan dengan pola kerja pikir kita:

  1. MARAH: Kalau seseorang sedang marah selama 5 menit saja, akan menyebabkan sistem imun tubuh kita mengalami depresi selama 6 jam.
  2. DENDAM: Adanya dendam dan menyimpan kepahitan hidup, akan menyebabkan imun tubuh kita mati. Dari sinilah bermula munculnya berbagai penyakit, seperti stress, kolestrol, hipertensi, serangan jantung, reumatik, arthritis, stroke yaitu penyumbatan pembuluh darah dan lain-lain.
  3. STRESS: Kalau kita membiarkan pikiran kita stress, maka kita akan seringkali mengalami gangguan pencernakan.
  4. KHAWATIR: Kalau kita memelihara kekhawatiran dalam pikiran kita, maka akan mudah terserang penyakit nyeri punggung.
  5. MUDAH TERSINGGUNG: Kalau Anda termasuk orang yang mudah tersinggung, maka Anda akan menderita penyakit susah tidur atau insomnia.
  6. BINGUNG: Kalau pikiran kita kebingungan, maka kita akan terkena gangguan tulang belakang bagian bawah.
  7. TAKUT BERLEBIHAN: Jika memelihara rasa takut berlebihan, kita mudah sekali terkena penyakit ginjal.
  8. PIKIRAN NEGATIF: Jika kita suka “negative thinking” , maka kita akan mudah terkena penyakit sulit mencerna (dyspepsia).
  9. EMOSI & PEMARAH: Jika kita suka emosi dan pemarah, maka kita sangat rentan terhadap penyakit Hepatitis.
  10. APATIS: Jika kita sering merasa apatis, tidak pernah peduli terhadap lingkungan, maka kita akan berpotensi mengalami penurunan kekebalan tubuh.
  11. ACUH: Jika kita acuh dan menganggap sepele semua persoalan, maka hal itu bisa menyebabkan penyakit diabetes.
  12. KESEPIAN: Jika kita seringkali merasa kesepian, maka kita akan terkena penyakit Demensia Senelis, yaitu berkurangnya memori dan kontrol fungsi tubuh.
  13. SEDIH/RENDAH DIRI: Jika kita seringkali bersedih dan merasa selalu rendah diri, maka kita bisa terkena kanker darah putih atau lebih dikenal dengan penyakit Leukemia.

Begitulah, jalan pikiran kita ternyata bisa membuat tubuh kita sakit. Oleh karena itu, pikiran harus diarahkan selalu positif, gembira dan harus selalu hepi. Lalu, apakah kita tidak boleh bersedih, kecewa dan lain-lain? Tentu saja bolehlah. Usahakan hanya sebentar saja dan segera alihkan pikiran Anda membayangkan hal-hal yang indah-indah atau hal-hal yang menggembirakan. Selamat mencoba teman-teman. Tulisan ini saya sarikan dari Buku “The Healing and Discovering The Power of Water” karya Bapak Dr Masaru Emoto yang terkenal itu.(dr. Nana Setyani Nugroho MD).

—————————————

izzaweb
BERBAGI