Beranda Hot News KPU Purworejo Mulai Siapkan Lembar Surat Suara Pilgub

KPU Purworejo Mulai Siapkan Lembar Surat Suara Pilgub

57
0
BERBAGI

PURWOREJO, (Obyektif.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mulai melakukan Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah Tahun 2018, baru-baru ini (21/5). Tahapan tersebut akan berlangsung hingga 25 Mei mendatang di SMK YPK Purworejo.

Ketua KPU Kabupaten Purworejo, Dulrokhim, kepada Obyektif.com menyebutkan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Purworejo sebanyak 605.245 pemilih. Maka sesuai aturan, surat suara yang harus disiapkan untuk Pilgub nanti sebanyak jumlah DPT ditambah 2,5 persennya. “Jadi melalui proses sortir dan pelipatan ini akan kita siapkan sebanyak 621.275 lembar surat suara,” katanya.

Dalam pelaksanaan sortir dan pelipatan surat suara tersebut, KPU melibatkan sebanyak 60 orang petugas yang berasal dari unsur masyarakat umum. Mereka dibagi dalam 30 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri atas 3 orang dibawahi seorang pengawas.

Sejak pagi hingga sore setiap harinya, mereka mendapatkan bantuan pengamanan dari personel Polres Purworejo. Sementara untuk pengawasan dilakukan langsung oleh jajaran Panita Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) Kabupaten.

“Sebagian besar petugas sortir dan pelipatan surat suara ini sudah pengalaman karena pernah melakukan tugas yang sama dalam pemilihan sebelumnya. Kita agendakan 5 hari, tapi kalau dalam 4 hari sudah selesai ya proses sortir dan pelipatan kita cukupi,” jelasnya.

Dulrokhim mengungkapkan, sebelum bekerja seluruh petugas telah mendapatkan pembekalan dari KPU. Namun demikian, dalam pelaksanaannya KPU tetap memberikan pendampingan dan arahan.

Beberapa tata cara sortir dan pelipatan yang harus diperhatikan antara lain, sebelum dilipat surat suara harus disortir atau dicek terlebih dahulu. Surat suara dinyatakan rusak jika gambar, huruf, dan angka tidak jelas. Selain itu sobek, terpotong, berlubang, warna sangat pudar, serta noda warna jelas dan mempengaruhi gambar.

“Kita selalu memberikan pengarahan bahwa mereka itu bertugas untuk kepentingan bangsa dan negara, jadi harus bertugas sebaik mungkin,” jelasnya.

Menurut Ketua KPU Purworejo, setelah proses pelipatan selesai, surat suara akan disimpan di gudang sambil menunggu alat kelengkapan Pilgub lainnya dikirim dari KPU Provinsi. Nantinya, surat suara yang sudah dipak dalam kotak suara akan didistribusikan ke 1.729 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kabupaten Purworejo.

“Untuk tinta hari Minggu kemarin sudah datang, tetapi kita masih menunggu yang lainnya seperti formuli-formulir. Kalau sudah komplit kita lakukan pengepakan, dicek oleh petugas PPK dan PPS, lalu distribusi,” pungkasnya. (M. Fauzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here