Beranda Tokoh Lasiman, Ketua Apmiso Dipercaya Salurkan Daging Kerbau

Lasiman, Ketua Apmiso Dipercaya Salurkan Daging Kerbau

58
0

SEMARANG, (Obyektif.com) – Lasiman (58), Ketua Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) Indonesia, dipercaya pemerintah untuk menyalurkan daging kerbau, sebagai pengganti daging sapi. Diwawancara Obyektif.com di Komunitas Bakso Obama, di Jalan Imam Bonjol Semarang, belum lama ini dijelaskan, pihak Bulog Jateng telah menggandeng Apmiso guna mendistribusikan daging kerbau ke seluruh anggota yang ada di beberapa daerah.

Bulog Jateng, sejauh ini sudah mendatangkan daging kerbau, dua kali dari Jakarta masing-masing 5 ton, kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Djoni Nur Ashari ketika menandatangani kerjasama antara Perum Bulog Divre Jateng dan Apmiso Jateng di Kantor Bulog Semarang, baru-baru ini. Dikatakan dari total yang sudah didatangkan, ternyata animo masyarakat sangat baik. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali mendatangkan kembali daging kerbau sebanyak 10 ton.

Mengenai distribusi daging kerbau ini, pihak Bulog menilai kerja sama dengan Apmiso sangat efektif. “Meski demikian, pihaknya tetap akan berupaya untuk bekerjasama dengan pihak lain, salah satunya dengan Asosiasi Pedagang Pasar,” katanya. Ditambahkan, kualitas daging kerbau, setara daging sapi. Rasanya sama enaknya, tetapi harga daging kerbau lebih murah jika dibandingkan dengan daging sapi, tuturnya.

Disebutkan, harga daging kerbau beku dijual Rp80.000/kg, sedangkan harga daging sapi di kisaran Rp95.000-100.000/kg. Untuk daging kerbau dengan kualitas yang sama dengan yang dijual, jika di pasaran harganya mencapai Rp105.000/kg,” katanya. Sedangkan Ketua Apmiso Jawa Tengah Lasiman berharap dengan adanya kerjasama tersebut akan semakin banyak pedagang mie dan bakso yang memanfaatkan daging kerbau sebagai pengganti daging sapi. “Sebetulnya daging kerbau ini sama enaknya dengan daging sapi, hanya saja memang belum terlalu populer di pasaran,” katanya.

Selain daging kerbau, kerja sama antara Bulog dengan Apmiso ini juga untuk penjualan komoditas pokok lain, di antaranya beras, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, dan bawang putih. Di samping itu, Apmiso juga punya program khusus untuk anggotanya. Tidak hanya menyediakan bahan baku, tapi juga bisa bantu beli rumah dan perbesar usaha.

Lasiman menuturkan bahwa, pada tanggal 24 Februari lalu secara nasional sudah launching rumah mikro dari BTN dan untuk DKI serta Jawa Barat kita jadikan satu setelah bulan Juli. “Program ini tentu bisa membantu anggota kami untuk bisa memanfaatkan program pemerintah. Kami mendapatkan kuota 2 juta rumah mikro untuk anggota Apmiso seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Selain dengan 3 program tersebut, ada juga kegiatan yang berkaitan dengan food hygiene. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, para anggotanya mendapatkan pelatihan bagaimana memproduksi produk makanan secara higienis. “Produk-produknya kita periksa ke laboratorium BPOM setempat setelah mereka ditinjau lokasi usaha yang bersih dan produksi mie dan baksonya baik, tidak terkontaminasi bahan kimia, barulah mereka diberi sertifikat higienis dari Dinas Kesehatan Kota masing-masing,” jelas Lasiman. Proyek higines ini dimulai dari Jawa Tengah dan rencananya akan diteruskan ke DKI, Jawa Barat dan Jawa Timur hingga daerah yang banyak punya produksi mie ayam bakso.

Apmiso merupakan organisasi yang bersifat nasional. Berdiri sejak tahun 1995 yang berawal dari sebuah paguyuban pedagang mie dan bakso. Di mulai dari Semarang, kemudian berlanjut ke beberapa kota lain dan diteruskan hingga berdirinya Amiso di seluruh Indonesia pada tahun 2008. Organisasi ini bersifat persaudaraan, gotong royong dan peningkatan kesejahteraan anggota. Meski begitu, sifatnya tebuka, siapa saja boleh masuk ke organisasi ini, asal memang pedagang UKM, khususnya di bidang mie dan bakso,” tutur Lasiman, mengakhiri wawancara. (Aries Kunarto MK)

Kantor Apmiso: Jl. Sentyaki Raya No.36, RT.01/RW.10, Bulu Lor, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50179

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here