Lima Langka Mudah Sehatkan Keuangan Anda

Lima Langka Mudah Sehatkan Keuangan Anda

BERBAGI
Amankan uang Anda. (Foto ilustrasi: Obyektif.com).

Berbagai upaya untuk menyehatkan kondisi keuangan Anda sudah dicoba. Misalnya, Anda mungkin sudah menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung. Anda juga sudah membayarkan sisa hutang yang selama ini dimiliki. Namun ternyata hal tersebut tidak juga membuat kondisi keuangan Anda sehat. Ada beberapa hal yang sering membuat Anda alpa yaitu tidak terduga munculnya pengeluaran yang membengkak secara tiba-tiba. Akhirnya kondisi keuangan jadi minus lagi.

Selanjutnya langkah apa saja yang harus ditempuh, untuk bisa menyehatkan kondisi keuangan Anda? Inilah lima langkah sederhana untuk menyehatkan keuangan kita seperti dilansir http://www.themuse.com,  baru-baru ini, yang dilansir lagi oleh Bisnis.Liputan6.com.

1.Pisahkan dana simpanan dan dana darurat: Kondisi keuangan yang sehat dapat tercipta apabila Anda mampu memisahkan dana simpanan dengan dana darurat. Kedua dana ini memang merupakan solusi di keadaan tertentu, namun ternyata penggunaannya sangatlah berbeda.Untuk itulah mengapa memisahkan kedua jenis dana ini akan dapat membantu kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik.

2.Menunda Pembelian: Sebelum membeli sesuatu, cobalah untuk berhenti sejenak untuk berpikir. Apakah barang ini benar-benar saya butuhkan? Apakah saya tidak akan menyesal telah membeli barang ini? Hal ini harus dilakukan agar Anda bisa menahan keinginan belanja yang seringkali muncul tiba-tiba.

3.Tidak ikut langganan email dari website jual beli: Apabila Anda sering belanja online, maka Anda juga sering mendapat email dari website jual beli online tersebut. Email ini kadang bisa memacu keinginan Anda untuk belanja. Oleh karenanya, Anda bisa untuk berhenti berlangganan email dari website jual beli tersebut.

4.Tidak menggunakan kartu kredit saat belanja: Menggunakan kartu kredit saat belanja terkadang bisa sangat merugikan. Walaupun terkadang ada diskon menarik yang bisa didapat, menggunakan kartu kredit ini justru dapat menambah tagihan yang Anda harus bayarkan. Anda lebih baik memilih jenis metode pembayaran lain.

5.Membiasakan diri gunakan uang tunai: Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat adalah membiasakan diri untuk menggunakan uang tunai. Selain merupakan salah satu cara pembayaran yang baik, membiasakan diri untuk menggunakan uang tunai juga dapat membuat Anda lebih hemat dalam menggunakan pendapatan yang ada.

Itulah lima langkah sederhana untuk menyehatkan keuangan Anda. Memang tidak mudah mempraktekkannya, godaan untuk membelanjakan uang selalu ada saja. Tetapi terus berusahalah dengan disiplin tinggi, agar kita tidak terperosok dalam kubangan: Pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Lama-lama kita akan terjerat sendiri. Oleh karena itu, ikuti lima langkah tersebut setiap Anda akan menggunakan uang Anda. Selamat mencoba. (Aries Kunarto MK).

 

 

izzaweb
BERBAGI