Beranda Traveling Lima Wisata Kuliner Ikan Bakar yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Lima Wisata Kuliner Ikan Bakar yang Wajib Dikunjungi di Lombok

341
0

LOMBOK, (Obyektif.com) – Bicara Lombok tidak melulu soal keindahan alamnya. Masih banyak lagi yang harus diexplore termasuk kuliner khas pulau ini. Ada 5 tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi di Lombok bagi anda penggemar ikan bakar. Kalau Ayam bakar taliwang, pelicing kangkung, tahu tempe atau sate rembige mungkin sudah sering anda nikmati, dengan beraneka ragam penyajian dan tempatnya. Liburan anda tidak akan komplit kalau belum menikmati kuliner yang satu ini. Berikut ini 5 tempat yang bisa dipilih untuk menikmati ikan bakar khas Lombok.

1. Pantai Nipah dan Wisata Kuliner Pantai Nipah: Tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi penikmat wisata kuliner. Pantai Nipah yang berada di Dusun Nipah Desa Malaka, Lombok Utara menawarkan keindahan pantai yang sebening kaca dan ombak yang tidak begitu besar menjadikan destinasi favorite untuk menghabiskan liburan anda bersama keluarga.

Selain tempat yang strategis pantai Nipah merupakan tempat yang tepat untuk menikmati ikan bakar. Penyajiannya cukup beragam dengan menu yang lumayaan lengkap, berbagai macam pilihan jenis ikan laut bisa anda dapatkan disni. Mulai dari ikan Baronang, Kakap, Kerapu, Pogot dan Tongkol. Selain pilihan ikan yang beragam, tempatnya juga bisa di pilih mau menikmati di pinggir pantai sambil menikmati deburan ombak sembari mengawasi anak-anak berenang atau bisa juga di pinggir jalan, bagi anda yang males untuk parkir di dalam. Tapi sensasinya tidak kalah karna anda tetap bisa menikmati panorama pantai dan hawa perbukitan yang masih alami karna tempat ini lokasinya cukup tinggi.

2. Pantai Meninting dan Wisata Kuliner Pantai meninting: Tempat yang satu ini memang tidak sepopuler Pantai Nipah tapi karna tempatnya yang begitu indah dan tenang menjadikan pantai meninting ini destinasi wisata kuliner  yang wajib di kunjungi bagi para penggemar kuliner ikan laut. Penyajiannya cukup traditional dengan menu khas ikan bakar dan biasanya di lengkapi dengan menu lain seperti sayur bening, Terong bakar dan Geupuk. Yang jadi andalanya tempat ini aadalah ikan yang masih segar karna langsung dari tangkapan nelayan setempat yang memang kebetulan tempat ini berada  di kampung nelayan.

3. Pantai ampenan dan wisata kuliner Pantai Ampenan: Menyebut Pantai Ampenan saja pikiran kita sudah menerawang ke zaman dulu kala, ya betapa tidak, karena Ampenan termasuk kota tua yang ada pulau Lombok. Ampenan pernah menjadi pusat ekonomi dan bisnis pada zamannya. Termasuk pelabuhan dulu berada di pantai Ampenan, puing-puing sisa pelabuhan tersebut masih bisa kita temui sampai hari ini.

Ampenan tidak melulu identik dengan kota tua tapi juga soal kuliner ikan bakarnya yang sudah kesohor sejak lama. Menikmati ikan bakar sambil menikmati sunset adalah sensasi yang wah, bagi para pengunjung. Tempat ini cukup ramai pengunjung bahkan sampai jam 10 malam. Selain tempatnya yang rapi dan bersih dengan fasilitas lengkap seperti Toilet dan Musholla sehingga kita tidak akan buru-buru pulang karna takut meninggalkan ibadah sholat. Menu di sini cukup lengkap mulai dari ikan berbagai jenis, Kepiting, Kerang, Cumi dan tidak lupa Pelecing kangkung khas Lombok so.. pastikan pantai Ampenan masuk List liburan anda ke Lombok.

4. Pantai Gading dan wisata Kuliner Pantai Gading: Tempat berikutnya yang wajib anda coba adalah Pantai Gading, pusat kuliner ini bisa dikatakan relative baru dari tempat-tempat wisata kuliner lainnya. Pantai Gading mulai booming sekitar 2 tahun terahir ini. Karna tempatnya yang dekat dengan kota Mataram menjadikan perimadona baru bagi penyuka kuliner berbahan dasar ikan laut. Konsepnya hampir sama dengan yang ada di Pantai Nipah. Tempat ini juga di lengkapi dengan cemilan lain seperti Jagung bakar, Kacang rebus dan lain-lain. di Pantai Gading kita juga bisa menikmati  ikan bakar sembari di temani indahnya sunset dan deburan ombak. Buat anda yang tidak sempat masuk ke areal pantai, tenang!! Anda juga bisa menikmati ikan bakar di sepanjang jalan Makam Loang Balok. menunya juga tidak kalah sama yang ada di pantai Gading tadi.

5. Pantai Cemare dan Wisata Kuliner Pantai Cemare: Wisata kuliner yang terahir, anda boleh mengunjungi Pantai Cemare. Lokasi pantai tidak jauh dengan pelabuhan lembar bahkan anda dapat menikmati hilir mudik kapal Very yang nenuju Bali atau Lombok. selain itu anda juga bisa berkunjung ke hutan Mangrove yang berjarak sekitar 500M dari pantai Cemare. Biasanya para pengunjung akan mengahabiskan waktu untuk foto-foto atau naik perahu mengelilingi hutan mangrove terlebih dahulu.

Setelah itu menuju pantai Cemare untuk menikmati ikan bakar khas pantai Cemare. Di tempat ini menu yang di tawarkan cukup lengkap dari ikan dengan berbgai jenis, Cumi. Kepiting, Kerang dan Udang. Kami menjamin jelajah kuliner anda akan berahir indah di tempat ini. Jangan lupa minumnya pakai kelapa muda ya biar tambah mantap.

Dari kelima tempat di atas yang membuat berbeda adalah racikan sambel dan ikannya. Konon rasa ikan-ikan tersebut akan berbeda sesuai dengan tempat penangkapanya. Sampai ketemu di Lombok. (El Sukron Prayogi, Direktur Lombok Inges Travel)

Foto: http://cookpad.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here