Beranda Hot News Mudik, PT KAI Siapkan 5,3 Juta Kursi

Mudik, PT KAI Siapkan 5,3 Juta Kursi

39
0
BERBAGI
Foto; http://www.kereta-api.co.id

Guna mengantisipasi meluapnya para pemudik ditahun 2016 ini, PT KAI (Kereta Api Indonesia) telah menyediakan sebanyak 5,3 juta kursi untuk menghadapi  musim mudik pada tahun ini. Jumlah ini telah mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya ada 5,1 juta kursi. Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, kepada pers baru-baru ini menjelaskan, masyarakat  sudah dapat memesan tiket sejak 90 hari sebelum hari raya Idul Fitri tiba, sampai dengan satu hari sebelum Idul Fitri atau H-1. Dan pada hari H, masyarakat juga dapat membeli tiket untuk melakukan perjalanan di hari yang sama.

Setiap tahunnya, tiket untuk perjalanan pada H-9 samai dengan H-1 sudah habis terjual jauh sebelum musim mudik dimulai. Edi juga mengatakan untuk tiket H-10, H-11 dan juga tiket untuk jadwal perjalanan sebelumnya pasti selalu tersedia. Soalnya, pada H-10, H-11 tersebut PT KAI masih menyediakan tiket sebanyak 15%. Namun, untuk tiket H-1 dan H-2 kebanyakan telah ludes terjual. Hal tersebut dikarenakan ketersediaan pihak perusahaan memang tidak  banyak.

Sedangkan untuk menambahkan jumlah kursi, Edi mengaku jika saat ini PT KAI sedang mengalami kesulitan. Lantaran jumlah gerbong yang digunakan saat ini, jumlahnya terbatas. Karena perusahaan tidak dapat menambah kursi tampa adanya penambahan gerbong. Di lain pihak, Ketua DPR RI, Ade Komarudin, bersama dengan Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, pimpinan Komisi V, dan juga VI telah melakukan peninjauan akan kesiapan mudik lebaran yang ada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Dalam peninjauan tersebut Ade menilai jika kesiapan dari PT KAI dan juga pemerintah dalam mengantisipasi musim mudik lebaran sudah bagus. Ia juga mengatakan jika kualitas yang ada di stasiun kereta api di Indonesia tidak kalah dengan stasiun kereta api yang ada di luar negeri. Mengenai pembelian tiket, PT KAI juga dapat dilakukan secara online. Hal tersebut menambah kualitas dari layanan perusahaan yang dapat memberikan kemudahan kepada para penumpang. Oleh karena itu, para calon penumpang bisa memanfaatkan segala kemudahan tersebut, sehingga mudik dengan kereta api, diperkirakan lancar. (Kasminanto).

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here