Pemkab Cilacap Kembangkan Informasi Desa Terpadu

Pemkab Cilacap Kembangkan Informasi Desa Terpadu

BERBAGI

CILACAP, (Obyektif.com) – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, tahun ini mendapatkan anggaran sebesar 62,7 juta rupiah dari APBD Provinsi Jawa Tengah, untuk mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID).

Kepala Dispermades Cilacap, Achmad Arifin Santosa, melalui Kasubag Perencanaan, Wahyu Indra, kepada obyektif.com menjelaskan, sistem informasi desa merupakan wadah untuk seluruh data yang ada di desa. Data-data tersebut akan ditampung dalam satu database induk, sehingga memudahkan pengolahan dan akses informasi, bagi pihak yang berkepentingan memanfaatkaannya.

“APBD Provinsi mengalokasikan dana bagi seluruh kabupaten/kota untuk mengembangkan SID, dengan harapan seluruh data desa tertampung dalam satu induk,” katanya. Untuk mengembangkaan sistem informasi desa, Dispermades akan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, dan instansi terkait lainnya.

Pada tahap awal, pengembangaan sistem informasi desa baru menyasar 170 desa. Rencananya kegiatan pembinaan, bimbingan teknis dan pelatihan, akan dilaksanakan pada bulan Juli 2017. Pada pelaksanaannya, bimtek akan melibatkan sejumlah instruktur dari Provinsi Jawa Tengah. Beberapa data yang terangkum dalam sistem informasi desa antara lain data administratif, kependudukan, prasarana wilayah, prasarana lembaga, dan tata guna lahan.

“Melalui sistem ini pemerintah daerah dan provinsi dapat mengetahui kondisi tiap wilayah, sehingga perencanaan pembangunan dapat disesuaikan dengan kebutuhan wilayah,” tambahnya menutup wawancara. (Nover Zai).

izzaweb
BERBAGI