Beranda Sastra Budaya Pentas Seni Lebih Efektif dari Pidato Berapi-api

Pentas Seni Lebih Efektif dari Pidato Berapi-api

163
0
BERBAGI

SEMARANG, (Obyektif.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah diharapkan tidak ragu-ragu menggandeng para seniman untuk berpartisipasi dalam pemilihan gubernur (pilgub). Pementasan kesenian sebagai sosialisasi pilgub, jauh lebih efektif dibandingkan dengan pidato berapi-api dengan kata-kata verbal.

Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) Gunoto Saparie mengatakan, partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2013 hanya 55 persen. Karena itu kesenian bisa menjadi salah satu cara guna mendongkrak jumlah pemilih. Apalagi KPU menargetkan partisipasi pemilih pada pilgub kali ini mencapai 77 persen.

Menurut Gunoto, banyak kelompok masyarakat yang tersegmentasi, misalnya segmen seniman, cendekiawan, atau perempuan. Untuk segmen seniman KPU perlu melibatkan dewan-dewan kesenian di kabupaten dan kota. Konsekuensinya tentu saja harus menganggarkan dana untuk pementasan atau pertunjukan kesenian guna sosialisasi pilgub.

Gunoto berpendapat, alangkah indahnya jika seluruh tahapan pilgub menampilkan atraksi kesenian. Selain hal itu menghibur masyarakat, para seniman juga mendapatkan kesempatan dan panggung untuk menampilkan karya dan kreativitasnya. Peristiwa politik perlu disentuh oleh kesenian.

“Pilgub selain sebagai peristiwa politik untuk memilih gubernur, juga bisa menjadi pesta seni bagi para seniman. Ratusan bahkan mungkin ribuan seniman di Jateng bisa terlibat pada even pesta demokrasi ini,” ujarnya seraya menambahkan, mereka bisa menampilkan berbagai atraksi. kesenian khas masing-masing daerah di mana even itu diselenggarakan. (Aries Kunarto MK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here