Beranda Tokoh Purdi E Chandra, Bos Enterpreneur University yang Suka Menolong

Purdi E Chandra, Bos Enterpreneur University yang Suka Menolong

18
0

YOGYAKARTA, (Obyektif.com) – Lelaki kalem dan pendiam itu berprinsip ingin menolong orang sebanyak-banyaknya dalam dunia usaha. Meski pendiam, tetapi kalau sudah bicara di depan publik, dia piawi dan membuat pendengarnya selalu tertawa. Suasana jadi segar dan menyenangkan. Dialah Purdi E. Chandra Bos Enterpreneur University.

Dilahirkan di Lampung, 9 September 1959  (59 th) adalah seorang pengusaha Indonesia. Tercatat dalam sejarah sebagai Pendiri Lembaga Bimbingan Belajar Primagama pada 10 Maret 1982,  yang terkenal itu. Purdi meninggalkan kuliahnya di empat fakultas di UGM dan IKIP Yogyakarta. Berasal dari keluarga pasangan Siti Wasingah dan Mujiyono.

Purdi kemudian menikah dengan Trininigsih Kusuma Astuti ini, bersama beberapa temannya mendirikan Entrepreneur University. Purdi E Chandra sekarang membawahi unit-unit usaha meliputi bimbingan belajar, pendidikan formal dan nonformal, percetakan, rumah makan, Tour & Travel, Tiketing dan lain-lain. Penghargaan yang pernah diterima Purdi antara lain: MURI, ISCA, ISMBEA, Entrepreneur of the year 2003, Best Franchise, Superbrand dan penghargaan sebagai pembicara di beberapa seminar wirausaha. Purdi E Chandra memiliki 2 putra yaitu Fesha dan Zidan.

Purdi demi mencapai impiannya untuk mewirausahakan masyarakat dan memasyarakatkan wirausaha, rela meninggalkan kuliahnya di empat fakultas di UGM dan IKIP Yogyakarta. Dengan modal Rp.300 Ribu ia mendirikan Lembaga  Bimbel Primagama dengan menyewa tempat kecil dan disekat menjadi dua. Muridnya hanya 2 orang yaitu tetangganya sendiri. Biaya les Rp. 50 Ribu untuk dua bulan. Kalau tidak ada les maka uangnya bisa dikembalikan.

Sejak itu, segala upaya dilakukan Purdi untuk membangun usahanya. Dua tahun setelah itu nama Primagama mulai dikenal. Muridnya bertambah banyak. Setelah sukses, banyak yang meniru nama Primagama. Purdi pun berinovasi untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikannya ini. Sebenarnya yang membuat Primagama maju setelah ada program jaminan diri. Yaitu bila ikut Primagama pasti diterima di Universitas Negeri. Bila gagal diterima di Universitas Negeri maka uang akan dikembalikan. Purdi E Chandra akhirnya sukses membuat Primagama beromset di atas Rp. 70 Miliar per tahun, dengan 200 outlet di lebih dari 106 kota.

Sejak itu Primagama sudah menjadi Holding Company yang membawahi lebih dari 20 anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti: Pendidikan Formal, Pendidikan Non-Formal, Telekomunikasi, Biro Perjalanan, Rumah Makan, Supermarket, Asuransi, Meubelair, Lapangan Golf dan lain sebagainya.

Walaupun kesibukannya sebagai entrepreneur sangat tinggi, namun jiwa organisatoris Purdi tetap disalurkan di berbagai organisasi. Tercatat Purdi pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) cabang Yogyakarta dan pengurus Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) DIY. Selain itu Purdi pernah juga tercatat sebagai anggota MPR RI Utusan Daerah DIY.

Purdi Chandra juga mendirikan Entrepreneur University (EU) yang hanya memakan waktu 6 bulan dan kuliah seminggu 2 kali. Purdi mengkonsentrasikan pendidikannya pada pengembangan kecerdasan emosional, spiritual, mempertajam kreativitas dan intuisi bisnis mahasiswanya. Materinya pun tentang nilai-nilai kewirausahaan seperti pantang menyerah, kreatif dan inovatif, semangat tinggi, berani dan jeli melihat peluang usaha.
(Sumber Wikipedia).

Foto: obyektif.com – 0888.395.0809

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here