Beranda Regional Rachel Juara Lomba Menulis Cerpen Nasional Tingkat SD

Rachel Juara Lomba Menulis Cerpen Nasional Tingkat SD

59
0

BOGOR, (Obyektif.com) – Rachel Heidi Susilo, siswi SD Katolik Santa Maria, Pekanbaru, Riau, terpilih sebagai Juara Pertama Lomba Menulis Cerita Pendek Nasional Tingkat Sekolah Dasar 2018. Lomba itu merupakan rangkaian acara Festival dan Lomba Literasi Nasional oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Hotel Bogor Icon, Bogor, 27-31 Oktober lalu.

Dewan juri Lomba Menulis Cerita Pendek Nasional, Gunoto Saparie, mengatakan, dalam Festival dan Lomba Literasi Nasional Tingkat Sekolah Dasar itu, juga diadakan Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Pantun, Lomba Cipta Syair, dan Lomba Mendongeng. Penyelenggaraan lomba tersebut merupakan sarana bagi para siswa untuk menumbuhkan budaya literasi sejak dini. Selain itu, guna dapat menyalurkan bakat yang mereka miliki di bidang sastra.

Menurut Gunoto, dalam lomba menulis cerpen yang diikuti para siswa SD/MI dari masing-masing provinsi di Indonesia itu, disebutkan, sebagai pemenang kedua Adelia Zahira Maharani, siswi SD Muhammadiyah, Nitikan, Yogyakarta. Sedangkan juara ketiga Muhammad Zaidan Al Ghozi Fillah, siswa MIN 1 Kota Malang.

“Untuk juara harapan pertama Tsurayya Mumtazah Prasetyo, siswi SDIT Permatan Madani Bogor. Sedangkan juara harapan kedua dan ketiga adalah Walidah Ikroma Fikroh, siswi SD Negeri 01 Bengkulu dan Najmina Aulia Zahra Alifa, siswi SDI At-Taqwa Jakarta Timur.

Para juri, selain Gunoto adalah Ali Muakhir dan Anna Farida. Mereka menilai berdasarkan criteria penilaian kesesuaian judul, isi dan tema, bahasa, makna dan pesan yang disampaikan, keaslian dan kreativitas. “Kekuatan struktur cerita yang menyangkut alur, tokoh, latar, dan sudut pandang, sangat diperhitungkan dalam penilaian,” ujar Gunoto.

Dalam acara itu Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Dr Khamim MPd mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan para siswa akan termotivasi untuk menggemari sastra sejak dini. Bahkan diharapkan pula dapat memunculkan bibit-bibit sastrawan baru yang dapat mengharumkan daerah di tingkat nasional, katanya. (Ari Pangyarso)

PARA PESERTA lomba literasi tingkat SD yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia, berfoto bersama. (Foto: Obyektif.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here