Beranda Hot News Seleksi Magang Jepang 2018 Diikuti 1.540 Pemuda

Seleksi Magang Jepang 2018 Diikuti 1.540 Pemuda

113
0

SEMARANG, (Obyektif.com) – Sebanyak 1.540 pemuda Magang ke Jepang, ikut seleksi kelulusan di Disnaker Jateng, Jl. Pahlawan Semarang, baru-baru ini. Mereka datang dari berbagai kota di Jateng. Setelah diseleksi dengan ketat oleh Tim yang diketuai Ketua Hillsi Jateng, Agus Manto, selama 4 hari, akhirnya yang berhasil lolos hanya sekitar 700 orang. Namun setelah dilanjutkan seleksi fisik, jumlah yang lolos menjadi 400 orang.

Jumlah terakhir kemudian diwawancarai oleh Tim yang juga dihadiri wakil para majikan Jepang, terutama Internasional Manpower Development Organitation Japan yang biasa dikenal IM. Kalau sudah tahapan wawancara, sudah relatif aman. Angka kelulusannya, 90 persen.

Sebelumnya seleksi meliputi matematika, kesamaptaan tubuh. Misalnya, apakah ada cacatnya, ada tattoo dan tindik telinga atau hidung juga tidak boleh. Terus ketahanan tubuh, terdiri lari sejauh 3km dalam waktu 15 menit. Di sini banyak yang gugur, karena pingsan atau tidak kuat. Wajar, waktu itu sedang musim kemarau dan panasnya menggila.

Untuk seleksi Magang Jepang ini, ada juga tenaga wanitanya, tapi jumlahnya tidak sebesar yang tenaga pria. Mereka semua akan Magang di Jepang dari 3 tahun sampai 5 tahun, dengan uang saku 90.000 yen atau setara Rp. 10juta sampai Rp.15 juta per bulannya. Setiap tahun uang sakunya naik 5.000 yen. Di Jepang diajari tentang kewirausahaan, sambil bekerja di negeri Matahari tersebut. Bila kerjanya baik dan selesai Magang, pulangnya akan mendapat bantuan dana untuk wirausaha sebesar 600.000 yen atau sekitar Rp70juta.

Memang para pemuda dan pemudi ini, diharapkan akan menjadi wirausaha-wirausaha muda tangguh di tanah air, setelah pulang dari Magang dan memperoleh modal. Menurut salah satu panitia penyeleksi, Agus Zen, bagi yang tidak lolos seleksi masih diberi kesempatan untuk mendaftar lagi di kota masing-masing, untuk ikut seleksi lagi di tahap berikutnya. (Aries Kunarto).

Foto: obyektif.com – 0888.395.0809

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here