Beranda Hot News Sukadi Suratman SH Dilantik Advokat Ikadin Jateng

Sukadi Suratman SH Dilantik Advokat Ikadin Jateng

477
0

SEMARANG, (Obyektif.com) – Sukadi Suratman SH, wartawan senior termasuk yang ikut dilantik oleh Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jawa Tengah, ketika berlangsung pengangkatan Advokat di Hotel Pandanaran Semarang, baru-baru ini. Sekretaris Ikadin Jawa Tengah, Mochamad Rofian, SH, MH, CLA kepada Obyektif.com mengatakan, pelantikan dan pengangkatan advokat kali ini diikuti 88 orang advokat yang tergabung dalam Ikatan Advokat Indonesia. Kegiatan ini selain untuk melaksanakan amanat Undang Undang 18 tahun 2003, juga sebagai persyaratan sebelum menjalankan profesinya sebagai advokat.

Sukadi Suratman SH, dalam tugasnya yang sibuk sebagai wartawan senior dan aktivis LSM, menyempatkan diri mengikuti kuliah sehingga berhasil lulus menjadi sarjana hukum. Sekarang juga masih menempuh kuliah untuk pendidikan lanjutan pasca-sarjana, untuk mengejar gelar S2 nya di bidang hukum. Semangat dan tekad Sukadi, untuk menjadi advokat, wajib ditiru, meski usianya tidak muda lagi, tidak ada yang menghalangi seseorang untuk maju dan meraih cita-citanya. Sekarang dia sudah dilantik secara resmi menjadi advokat dan tergabung dalam Ikadin Jateng.

“Setelah diadakan pelantikan dan pengangkatan advokat oleh Ikadin Jateng, para advokat juga diambil sumpah dan janjinya terbuka di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah hal itu wajib diikuti seluruh advokat sebelum menjalankan profesinya sebagai advokat, ” kata Rofian dalam lebih lanjut.

Sekjen DPP Ikadin, Zulkifli Nasution, menuturkan, seorang advokat harus memperhatikan lima poin penting dalam kinerja. Diantaranya, membangun intelektual, mengasah skill, membangun cara berkomunikasi, membangun relationship serta memperkuat organisasi tempat bernaung (Ikadin).” Advokat dalam Ikadin ini harus menjadi advokat yang memahami profesinya, memahami status penegak hukum sehingga harus mampu menjalin hubungan dengan penegak lain di dalam penegakan sistem hukum terpadu, ” pungkasnya.

Pelantikan itu dilanjutkan pengambilan sumpah oleh Pengdilan Tinggi Semarang, di aula kantornya. Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Semarang Moh Daming Sanusi menegaskan, pengacara atau advokat juga merupakan penegak hukum. Mereka ini bertugas mendampingi klien yang mencari keadilan. Sehingga harus sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan tersebut.

Pernyataan itu diungkapkan Daming saat memberikan sambutan usai menyumpah 80 advokat DPD Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jateng dan DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jateng di Aula kantornya. ”Saudara (advokat) harus mencintai dan menjaga nama baik profesi dengan memperhatikan kode etik. Sumpah yang diucapkan tadi mengandung arti penting dan harus selalu diingat dalam menjalankan tugas-tugasnya,” tandas Daming dalam sambutannya pada sidang terbuka pengambilan sumpah dan janji advokat dari organisasi Ikadin dan KAI.

Ketua Dewan Kehormatan Ikadin Jateng Agus Jaya Astra, Ketua DPD Ikadin Jateng Rangkey Margana dan sekretarisnya M. Rofian, serta petinggi DPD KAI Jateng hadir dalam pengambilan sumpah. Dari 80 advokat yang disumpah, 65 di antaranya dari Ikadin, sisanya KAI. Sekretaris DPD Ikadin Jateng Rofian mengaku bangga anggotanya bisa diambil sumpahnya di aula kantor PT Semarang.

“Ikadin memilih lokasi (pengambilan sumpah advokat) di kantor Pengadilan Tinggi Semarang. Walau sebenarnya, bisa menggelarnya di tempat lain. Ada kebanggaan sendiri anggota disumpah di kantor ketua Pengadilan Tinggi Semarang. Selaku yang berwenang mengambil sumpah advokat,” jelasnya. Dia menilai advokat disumpah di kantor PT lebih sakral dan memiliki aura lebih baik. Di sisi lain, Agus Jaya Astra meminta advokat Ikadin agar bisa menegakkan keadilan berdasarkan hati nurani dan berpegang teguh kepada kode etik advokat Indonesia. (Hardono).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here