Beranda Tips Sehat The Power of Kukusan Bambu

The Power of Kukusan Bambu

39
0

SEMARANG, (Obyektif.com) – Kukusan benda berbentuk kerucut yang dibuat dari anyaman bambu, merupakan alat memasak nasi spesial bagi orang Jawa, masa lalu. Sekarang terungkap, ternyata Kukusan adalah sains tingkat tinggi kreasi memasak nasi, warisan leluhur Nusantara.

Kenapa bisa begitu? Ini penjelasannya. Ketika nasi dimasak dengan cara demikian, maka semua toksin atau racun kimiawi akibat pestisida dan pupuk urea dimusnahkan. Sementara bambu kukusan itu bertugas sebagai antioksidan atau pembuang racun karena mengandung silica alami.

Ajaibnya, meskipun kukusan itu berulang-ulang digunakan, zat silicanya tidak hilang, tetapi malah tambah kuat. ‎Alat masak dimsum itu, sejatinya adalah nyontek teknologi kukusan Jawa.

Maka, dengan cara itu, wajarlah orang zaman dulu jarang yg terkena penyakit aneh-aneh. Satu khasiat lagi di antara banyak manfaat cara masak dengan kukusan adalah, nasi tidak lagi menjadi pantangan bagi penderita diabetes.

Ini bukan teori tapi sudah dibuktikan oleh banyak orang. Termasuk orang Jawa dan keturunannya yang ada di Belanda maupun di negara Suriname.  Mereka kalau masak masih memakai Kukusan.‎

Bentuknya yang kerucut di mana runcingnya di bawah, akan meneteskan air nasi ke bawah, seperti disaring, di mana kadar gulanya dibuang. Nasi jadi kesat, pulen dan enak rasanya. Meski Kukusan memiliki power yang besar untuk kesehatan, tapi seiring berjalannya waktu, malah tersingkirkan dengan magic-com. Jepang atau Cina, yang banyak memproduksi Magic-com, harus diberi tahu, soal “kekuatan” Kukusan bambu ini. Supaya juga diterapkan di produk Magic-com, hehe….(Wisnu/Sumber Group WA Wartawan Senior Jateng)

Gambar: Menanak nasi dengan Kukusan Bambu. (Foto: http://plukme.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here