Beranda Traveling Tips Hindari Kematian di Kemacetan Extrem

Tips Hindari Kematian di Kemacetan Extrem

74
0
BERBAGI
Macet extrem. (Foto: http://www.fqdhakbar.tumblr.com)

Apa itu kemacetan extrem? Jika Anda dalam mobil atau bus terlibat kemacetan panjang dan berjam-jam lamanya, maka itu boleh dikatakan kemacetan extrem. Mobil tidak dapat bergerak, tapi mesin jalan terus untuk menghidupkan AC, lama kelamaan orang di dalamnya bisa keracunan, karena kadar oksigen turun dratis, dan gas beracun CO2 meningkat. Korban pertama adalah anak-anak, lalu orang tua, apalagi yang kondisi kesehatan tubuhnya kurang baik, akan menjadi pusing, mual, pingsan, dan kalau tidak cepat tertolong bisa meninggal dunia.

Buktinya ada 12 orang yang tewas, ketika terjadi kemacetan luar biasa waktu arus mudik dimulai, di tol Brebes, belum lama ini. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyebut hingga 5 Jul 2016 lalu, ada 12 orang meninggal saat terjebak kemacetan di Brebes. Sementara itu, Kepala Pusat Krisis Kemenkes RI, Achmad Yurianto, melalui keterangan tertulisnya menjelaskan, bahwa terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan para korban meninggal dunia.

“Kelelahan dan kekurangan cairan dapat berdampak fatal, terutama untuk kelompok rentan seperti anak-anak, orangtua, dan mereka yang memiliki penyakit kronis (hipertensi, diabetes, atau jantung),” ujar Yurianto. “Apalagi kalau diitambah kondisi kabin kendaraan yang kecil, tertutup, dan pemakaian AC yang terus-menerus. Hal ini akan menurunkan kadar oksigen dan meningkatkan CO2,” tambah dia. Tragis memang. Keinginan berkumpul dengan keluarga ketika mudik, malah berubah menjadi kemalangan.

Mudik telah selesai, tetapi arus balik segera dimulai dalam hitungan hari, mulai hari Sabtu 9 Juli ini. Koresponden obyektif.com, Von Yudhiawan, memberikan Tips hindari kematian di kemacetan luar biasa. Berikut Tips supaya perjalanan anda lancar ,aman dan selamat sampai tujuan. Inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

1.Cek Kondisi kendaraan: Bersihkan filter AC, kipas AC, supaya perjalanan anda nyaman.

2.Bawa bekal: Apabila anda memakai kendaraan umum sebaiknya bawa bekal makan dan minuman yang cukup. Misalnya roti kering dan sebotol air mungkin diperlukan untuk menjaga apabila terjadi kondisi macet extrim. Sediakan obat yang biasa anda minum apabila anda menderita sakit tertentu.

3.Minum yang Banyak: Pastikan anda cukup minum banyak, karena macet akan membuat udara terasa panas. Tubuh harus cukup cairan dan jangan sampai dehridasi. Karena terjadi penumpukan karbomonoksida yang dihasilkan dari pembuangan mobil.

4.Sedia Masker: Apabila mobil atau bus yang anda naiki, tidak berAC, anda perlu membekali diri dengan masker supaya racun karbonmonoksida tidak masuk berlebihan. Jangan berbaring di lantai mobil atau bus, karena masa gas tersebut lebih rendah dari udara

5.Tetap tenang dan sabar: Apabila memungkinkan bergerak sedikit, rentangkan tangan,go yangkan kaki, supaya peredaran darah terjaga lancar.

6.Keluar dari mobil: Apabila terjadi macet extrem, mobil tidak bisa bergerak,coba keluarlah segera. Carilah tempat yang teduh dan lapang, serta tidak berbau asap kendaraan. Cari pepohonan yang rindang, berbaring di bawahnya dengan posisi kaki lebih tinggi akan membantu  melancarkan  peredaran darah.

7.Menelpon keluarga: Teleponlah keluarga atau teman Anda, untuk mengabarkan sampai di mana Anda berada. Namun apabila anda merasa tidak kuat, segera cari pertolongan secepatnya.

Demikian Tips nyaman demi keselamatan diri Anda sekeluarga. Semoga arus balik beberapa hari ini tidak terjadi kemacetan yang extrem. Oleh karena itu, cobalah balik kembali ke ibu kota, jangan berbarengan. Carilah hari yang dirasa longgar, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan akhirnya macet total. Semua bisa dijadwal kok. Utamakan keselamatan Anda lebih berharga dari apapun. Yoi. (Von Yudhiawan).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here