Beranda Tips Sehat Tips Kesehatan untuk Generasi Y

Tips Kesehatan untuk Generasi Y

70
0
BERBAGI
  1. SOLO, (Obyektif.com) – Generasi Y adalah generasi yang lahir dari tahun 1990 sampai dengan hari ini. Ternyata generasi ini memiliki tantangan kesehatan yang lebih besar dibanding generasi-generasi sebelumnya. Menurut hasil penelitian, semua itu dikarenakan gaya hidup serta kebiasaan yang  membuat kesehatan generasi Y ini, menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Meski begitu, untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan jiwa mereka, kami sajikan tips kesehatan, agar generasi Y bisa mencapai kualitas hidup yang lebih baik, maka tips-nya seperti di bawah ini :

1.Bergeraklah aktif, dengan cara ber-olahraga. Bersosialisasilah dengan teman untuk berlatih olahraga bersama, khususnya dengan teman sebaya. Karena dengan berolahraga asupan oksigen ke tubuh menjadi lebih baik. Sel-sel tubuh mudah regenaerasi menggantikan sel-sel yang mati, sehingga penuaan dini, tidak terjadi. Efek lain, siklus tidur menjadi teratur. Penyakit seperti hiperkolesterol, hipertensi, sakit jantung, kanker, syaraf terjepit dan kelainan tulang belakang, dapat diminilisasi. Selain itu, dengan berolahraga bersama teman meningkatkan kekompakan, timbul rasa saling menghargai dan sosialisasi kemasyarakatan tercapai.

2.Adakan waktu untuk berjemur. Idealnya terkena matahari pagi mulai jam 07.00 sampai maksimal 08.30, di mana kadar ozon masih tebal, karena sudut terbitnya matahari yang sempit, membuat ozon masih tebal, dan bisa melindungi kita dari dampak ultra violet yang berlebihan. Sehingga meminimkan kanker kulit, sementara tubuh dapat mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D, dengan bantuan sinar matahari. Selain itu, bisa membuat tubuh mengeluarkan hormon melatonin pengatur tidur secara teratur sehingga jam tidur juga bisa tepat, dan mempunyai efek menurunkan kadar serotonin yang membuat tubuh rendah dari stres. Sebaiknya berjemur sekitar 30 menit supaya tulang menjadi kuat.

3.Makan dan minum yang baik. Minum cukup air idealnya 1,5 liter perhari sampai urine berwarna bening atau kuning pucat yang menandakan cukup minum. Jangan lupakan asupan buah dan sayur yang baik, supaya tinggi serat dan kadar antioksidan dalam tubuh juga tinggi. Sehingga mampu menanggulangi radikal bebas penyebab kerusakan sel yang dapat bermutasi menjadi kanker.

4.Jaga posisi tubuh supaya ideal saat beraktivitas, duduk dengan baik, tegap, jangan sampai leher tertekuk secara extrem, tertunduk yang mengakibatkan pengapuran, syaraf leher terjepit atau spondylosis cervical. Jaga juga tulang punggung supaya pada posisi yang baik, lurus tegap sehingga meminimalkan resiko kelainan tulang belakang. Pilih sandaran kursi yang ergonomis, jauhkan atau pantang beraktivitas main gadget sambil tiduran. Selain menyebabkan syaraf leher terjepit juga mambuat mata mengalami gangguan penglihatan nantinya.

5.Lakukan jeda dalam beraktivitas menggunakan gadget, komputer sesudah dua jam. Senam mata supaya mata dapat beristirahat juga menguatkan otot mata, olahraga peregangan membuat tubuh relax dan meningkatkan performa dalam beraktivitas selanjutnya.

Soalnya, apa gunanya hidup bila tubuh menjadi sakit atau rusak? Maka jagalah diri kita sebaik mungkin dalam menghadapi serbuan kemajuan teknologi, khususnya generasi Y sebagai insan penerus bangsa.                                                (Von Yudhiawan/dari berbagai sumber)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here