Beranda Regional Wartawan Harus Ciptakan Jejaring Kerja

Wartawan Harus Ciptakan Jejaring Kerja

141
0

SEMARANG, (Obyektif.com) РPara wartawan harus menciptakan jejaring kerja  guna meningkatkan kualitas beritanya. Karena dari jejaring kerja itu wartawan akan mendapatkan informasi dan data yang lebih akurat. Ketua Forum Komunikasi Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (FKWPK) Jawa Tengah, Gunoto Saparie, mengatakan hal itu dalam Pelatihan Jurnalistik bagi Wartawan Daring di Hotel Pandanaran Semarang, belum lama ini.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Jawa Tengah. Menurut Gunoto, membangun jejaring kerja selain meningkatkan akses, juga berguna bagi upaya mensinergikan para pemangku kepentingan dan lembaga pers. Ia juga dbutuhkan guna penguatan kapasitas dan kapabilitas lembaga.

Dengan adanya jejaring kerja, lanjut Gunoto, kita bisa melakukan optimalisasi pemanfaatan sumber daya, sehingga efisiensi dapat ditingkatan. Selain itu bahan berita relatif cukup tersedia. “Yang tak kalah penting adalah adanya jaminan akurasi berita yang pasti karena langsung dari sumbernya,” ujarnya seraya menambahkan, jejaring kerja dengan kalangan eksekutif, legislatif, partai politik, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga swadaya masyarakat, sangat penting bagi kalangan jurnalis.

Sementara itu Ketua PWO Pusat Dra Marnala Emi Manurung dalam sambutannya mengatakan, para wartawan daring agar tidak seperti koboi dalam melakukan peliputannya. Kita harus memiliki integritas kuat, jujur, bermartabat, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas kewartawanan secara netral. “Para wartawan harus mewujudkan kualitas, obyektif, dan profesional dalam mengemban tugas kewartawanan,” tandasnya.

Ketua PWO Jateng Rahmat Dakwah menambahkan, pelatihan jurnalistik ini diikuti oleh sekitar 100 peserta dari kabupaten dan kota se-Jateng. Dalam kesempatan ini Marnala selaku Ketua PWO Pusat melantik para pengurus PWO kabupaten dan kota. (Aries Kunarto, MK)

Foto: http://romeltea.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here